Rabu, 08 Mei 2013

ICT  Memaksimalkan Institusi Kesehatan

Biaya perawatan rumah sakit yang kian mahal sering tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit. Permasalahan yang biasa dikeluhkan pasien adalah proses administrasi yang rumit dan proses claim asuransi yang lama. Banyak rumah sakit mengesampingkan kualitas layanan yang menyeluruh kepada pasien mereka karena faktor mahalnya obat, biaya rawat inap, keterbatasan sumber daya manusia.
Tentunya hal ini akan berdampak buruk pada kepercayaan pasien terhadap rumah sakit tersebut. Untuk itu diperlukan koordinasi dan sinergi pemanfaatan ICT diantara stakeholders untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara keseluruhan. 
Penggunaan ICT yang optimal dan tepat guna dapat memaksimalkan kinerja institusi kesehatan sehingga berdampak pada peningkatan income institusi. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan teknologi ICT seperti informasi layanan kesehatan yang cepat dan sesuai standar, peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih cepat dan mudah bagi karyawan maupun pasien pengguna jasa kesehatan, meminimalkan claim excess, fraud and abuse, call center dan case monitoring 24 jam, keamanan data yang terjamin, sistem pelaporan yang transparan, online dan real time dan masih banyak lagi manfaatnya. 
Proses medis institusi kesehatan dimulai dari pengembangan produk dan layanan, pengelolaan rekaman medik, pendaftaran online, pembayaran dan proses-proses lainnya. Tantangan yang dihadapi oleh institusi kesehatan adalah bagaimana menciptakan proses medis ini berjalan efisien dengan informasi yang cepat dan teknologi yang menjangkau semua pihak yang berkepentingan.
Aplikasi e-Health merupakan aplikasi berbasis ICT yang berhubungan dengan industri pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mempercepat akses, meningkatkan efisiensi; efektivitas dan kualitas proses medis. Karena proses medis selain melibatkan organisasi pelayanan medis di rumah sakit, klinik, puskesmas, praktisi medis baik dokter maupun terapis, laboratorium, apotek, asuransi juga melibatkan pasien sebagai konsumen.
Berprinsip pada kemitraan yang terpercaya, layanan konsultasi, personalisasi layanan, layanan purna jual, serta tingkat pelayanan yang kompetitif, Kami berkomitmen untuk menjadi andalan bagi para institusi kesehatan untuk mendapatkan solusi ICT yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar